IT SCM

1. Pengertian Lengkap SAP / SAP R/3

SAP  / SAP R/3 Adalah sebuah pengembangan perangkat lunak perusahaan multinasional dan konsultasi, yang menyediakan aplikasi software enterprise dan dukungan bisnis dari semua ukuran global. Berkantor pusat di Walldorf, Jerman, dengan kantor regional di seluruh dunia, SAP adalah perusahaan perangkat lunak terbesar di Eropa dan perusahaan perangkat lunak terbesar keempat di dunia pada 2009. Perusahaan terkenal Produk ini perusahaan SAP Enterprise Resource Planning software
Secara bebas SAP dapat diterjemahkan sebagai sebuah sistem aplikasi yang dikembangkan oleh SAP AG Jerman. Aplikasi ini digunakan untuk memproses semua data yang diperlukan untuk mengelola semua sumber daya yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Untuk mencapai kondisi ideal tersebut, SAP dilengkapi oleh tiga buah module besar yaitu modul Finance (mengurus segala hal berkaitan dengan keuangan perusahaan), Logistic (mengurus segala hal berkaitan dengan sumber daya yang berbentuk barang baik asset bergerak ataupun tetep), dan Human Resource (mengurus segala hal berkaitan dengan personalia). Dari ketiga module tersebut masih bisa di breakdown lagi menjadi submodul submodul yang jumlahnya bisa mencapai puluhan submodul.

  • Finance : Financial Accounting, Treasury, Controlling, etc
  • Logisitic : Material Management, Sales and Distribution, Plant Maintenance, etc
  • Human Resource : Payroll, Time Management, Personel Management, etc

Dari sisi teknikal ketiga modul diatas akan disupport oleh sebuah middleware (aplikasi antara) yang akan menjembatani antara SAP dengan Database dan Sistem Operasi yang digunakan. Pada awal perkembangannya middleware ini disebut sebagai modul Basis yang pada perkembanganya kemudian dikenal sebagai Aplication Server (AS). Selain dilengkapi dengan customizing tools standard, para pengguna SAP juga dapat melakukan modifikasi pada aplikasi ataupun program yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman SAP yang biasa dikenal dengan ABAP (Advance Business Aplication Programming)

SAP didirikan pada tahun 1972 sebagai Systemanalyse und Programmentwicklung (“Sistem Analisis dan Program Pembangunan”) oleh lima mantan IBM insinyur di Mannheim, Baden-Württemberg ( Dietmar Hopp, Hans-Werner Hector, Hasso Plattner , Klaus E. Tschira, dan Claus Wellenreuther).
SAP memfokuskan pada enam sektor industri: industri proses, industri diskrit, industri konsumen, industri jasa, jasa keuangan, dan pelayanan publik. Ia menawarkan dari 25 industri solusi portofolio lebih untuk perusahaan besar dan lebih dari 550 mikro-vertikal solusi bagi perusahaan menengah dan usaha kecil.
Produk utama perusahaan adalah SAP ECC . Versi saat ini adalah SAP ECC 6.0 dan merupakan bagian dari SAP Business Suite. sebelumnya nama nya adalah R / 3. “R” dari SAP R / 3 berdiri untuk realtime – meskipun bukan merupakan solusi secara realtime. Angka 3 terkait dengan arsitektur 3 lapis : database , server aplikasi dan klien (SAPgui). R / 2, yang berjalan pada sebuah mainframe arsitektur, merupakan pendahulunya R / 3. Sebelum R / 2 System RF datang, kemudian dijuluki R / 1.
SAP ECC adalah salah satu dari lima aplikasi enterprise di SAP Business Suite. Empat lainnya aplikasi adalah:

  • customer relationship management (CRM) – membantu perusahaan mendapatkan dan mempertahankan pelanggan, keuntungan pemasaran dan wawasan pelanggan
  • product lifecycle management (PLM) – membantu produsen-informasi terkait dengan produk
  • supply chain management (SCM) – membantu perusahaan dengan proses manufaktur resourcing dan proses layanan
  • supplier relationship management (SRM) – memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan dari pemasok

Sementara produk aslinya yang biasanya digunakan oleh Fortune 500. SAP saat ini juga aktif menargetkan usaha menengah dan kecil (UKM) dengan perusahaan SAP Business One dan SAP Business All-in-One. Tanggal 19 September 2007 SAP mengumumkan sebuah produk baru bernama SAP Business ByDesign. SAP Business ByDesign adalah Software sebagai Service (SaaS) menawarkan, dan menyediakan terintegrasi Enterprise Resource Planning (ERP) solusi, On Demand.
Kelebihan yang dimiliki SAP antara lain compatible dengan Windows, Mac OS X dan Linux, struktur dengan basis web dan atau non web namun, aplikasi SAP hanya banyak digunakan kalangan menengah ke bawah.

SAP dipakai dimana saja? SAP dipakai hampir disemua lini industri, walaupun awalnya dirancang untuk manufacturing industri. Sehingga tahun 90-an awal Astra Intl, Toyota, Indofood termasuk perusahaan perusahaan pionir untuk implementasi SAP di Indonesia. Meskipun demikian Banking dengan Core Banking-nya, atau Telco dengan Billing Systemnya, tetap bisa menggunakan SAP ini karena system modularnya yang bisa dipakai.

Apa saja isi SAP itu? Sebagai sebuah aplikasi ERP, SAP termasuk sangat lengkap. Dulu programmer – programmer kita umumnya hanya membuat satu modul saja, misalkan Sistem Informasi penggajian, SI. Keuangan, SI. Perencanaan. Tapi SAP menggabungkan semuanya dari ujung-ujung. Yang artinya, detik ini warehouse department di Sidoarjo mengeluarkan barang (good issue), manajer accounting di headoffice di Cakung Jakarta sudah bisa melihat movement barangnya.

Modul apa saja yang dimiliki SAP? SAP pada dasarnya menyediakan semua solusi untuk semua fungsi dalam perusahaan, dalam industri manapun. Tapi pada umumnya modul SAP yang sering dipakai adalah:

  • FICO (Financial Controlling)
  • SD (Sales & Distribution)
  • MMPP (Material Management, Production Planning)
  • HR (Human Resources)

Perkembangan SAP

Sejak pertama kali launch tahun 1972 hingga sekarang, SAP sudah melakukan banyak sekali perkembangan seiring perkembangan teknologi. Evolusi SAP dimulai dari R/1 (1 tier), R/2 (2 Tier – Mainframe), R/3 (3 Tier – Client Server) hingga sekarang mencapai konsep SAP NetWeaver karena kemampuan accesiblity dari berbagai perangkat. Semenjak kemunculan SAP NetWeaver pada tahun 2004, secara teknologi SAP mulai berkembang dari aplikasi client- server menjadi aplikasi berbasis Service Oriented Architecture. Tiga modul utama masih menjadi core yang kemudian dikenal sebagai ECC (Enterprise Core Module) dengan dilengkapi beberapa teknologi pendukung seperti Enterprise Portal (EP), Business Intelegence (BI), Process Integration (PI), Mobile Infrastructure (MI), yang kemudian solusi ini diperkenalkan ke ranah publik sebagai MySAP ERP Solution. Selain Solusi MySAP ERP, mulai pertengahan dekade ini, SAP juga memasarkan beberapa solusi lain seperti MySAP CRM (Customer Relationship Management), MySAP SCM (Suply Chain Management) dan beberapa solusi lain.

Dimana saya bisa mulai?

Kita bisa belajar di SAP partner seperti Asaba, Perdana dkk dengan charge $5000/modul, untuk pelatihan kurang dari seminggu. Mahal sekali? ya memang mahal sekali beberapa trainingnya malah harus di luar Indonesia.

Dibandingkan software lain pun, training SAP memang termasuk paling mahal. Training Oracle di Oracle University berkisar $1000, SQL Server di Iverson berkisar $1000.

Cara paling gampang bagaimana?

Masuk di perusahaan yang menggunakan SAP, jadi implementor SAP, auditor SAP atau apapun yang berhubungan dengan SAP. Baru kita bisa belajar dengan mudah. Coba tanyakan veteran SAP yang ada sekarang? kenapa mereka bisa belajar SAP? menjadi pakar SAP? pastinya karena mereka ada pada saat implementasi SAP.

Astra adalah contoh paling mudah, veteran implementor SAP di Astra sekarang tersebar dimana-mana. Mereka dianggap implementor yang paling berpengalaman dengan SAP. Mudah, karena mereka mengalami periode implementasi yang kompleks itu.

Dibidang SAP dapat Digunakan?

SAP secara umum terdiri dari 3 fungsi:

  1. Functional, ini berhubungan dengan fungsi si ERP, biasanya orang dengan latar belakang keuangan (untuk modul FICO), orang berlatar belakarng HRD (untuk modul HR), ataupun orang teknik (untuk modul PP, PM) atau bahkan orang diluar bidang ilmu terkait bisa menjadi functional.

Functional berhubungan dengan design business process dari si ERP. Persoalan design ini penting, karena proses pembelian barang pada pabrik Mobil dengan
pabrik Motor tentunya memiliki flow yang berbeda.

  1. ABAPer, dengan nama lain programmer, ini pastinya diisi oleh orang-orang berlatar belakang programming. ABAPER bertugas membuat report / customi akan sistem SAP. ABAP merupakan bahasa pemrograman sendiri yang dibuat oleh SAP.

 

  1. Basis, Basis mudahnya adalah system administrator. Basis ini lah yang membuat user, membuat roles & profiles, mengatur security parameter, mengatur scheduling, set up system dan pekerjaan admin lainnya.

2. Keunggulan dan Kelemahan SAP

Keunggulan :

  1. Merupakan suatu nilai tambah yang memiliki nilai yang tinggi, dimana perusahaan bisa menggabungkan dan mengembangkan semua aplikasi yang ada dan dibutuhkan perusahaan.
  2. SAP menghubungkan semua lini produksi dan seluruh departement di perusahaan. SAP r/3 merupakan software yang sangat dinamis, dimana semua menu dan tampilan program dapat di-costumaze menggunakan bahasa pemrograman ABAP sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  3. Keunggulan SAP dikarenakan memiliki modul terintegrasi dan bisa dipecah-pecah sesuai kebutuhan.
  4. Salah satu keunggulan SAP r/3 yg lainnya adalah pembuatan user interface menggunakan bahasa pemrograman yang lainnya seperti JAVA, PHP, Visual Basic, ASP, VB.net, Lotus Script, Delphi dan sebagainya.

Kelemahan :

  1. Biaya yang mahal
  2. Kelemahan SAP dalam implementasinya adalah kelengkapan data entry dan batas waktunya yang menuntut kedisiplinan usernya.

3. Perusahaan SAP

“SAP AG (FWB: SAP NYSE: SAP) adalah perusahaan Jerman yang merupakan perusahaan perangkat lunak terbesar di Eropa. SAP didirikan pada tahun 1972 dengan nama Systemanalise und Programmentwicklung oleh 5 mantan karyawan IBM di Mannheim, Jerman. Kantor pusatnya di Walldorf, Jerman. Perusahaan ini mempekerjakan 35.873 pekerja pada tahun 2005”

Secara bebas SAP dapat diterjemahkan sebagai sebuah sistem aplikasi yang dikembangkan oleh SAP AG Jerman. Aplikasi ini digunakan untuk memproses semua data yang diperlukan untuk mengelola semua sumber daya yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Untuk mencapai kondisi ideal tersebut, SAP dilengkapi oleh tiga buah module besar yaitu modul Finance (mengurus segala hal berkaitan dengan keuangan perusahaan), Logistic (mengurus segala hal berkaitan dengan sumber daya yang berbentuk barang baik asset bergerak ataupun tetep), dan Human Resource (mengurus segala hal berkaitan dengan personalia). Dari ketiga module tersebut masih bisa di breakdown lagi menjadi submodul submodul yang jumlahnya bisa mencapai puluhan submodul.

Finance : Financial Accounting, Treasury, Controlling, etc

Logisitic : Material Management, Sales and Distribution, Plant Maintenance, etc

Human Resource : Payroll, Time Management, Personel Management, etc

Dari sisi teknikal ketiga modul diatas akan disupport oleh sebuah middleware (aplikasi antara) yang akan menjembatani antara SAP dengan Database dan Sistem Operasi yang digunakan. Pada awal perkembangannya middleware ini disebut sebagai modul Basis yang pada perkembanganya kemudian dikenal sebagai Aplication Server (AS). Selain dilengkapi dengan customizing tools standard, para pengguna SAP juga dapat melakukan modifikasi pada aplikasi ataupun program yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman SAP yang biasa dikenal dengan ABAP (Advance Business Aplication Programming)

 4. Penerapan SAP di industri

SAP (Systemanalyse und Programmentwicklung; Systems, Applications & Products in Data Processing) adalah software  Entreprise Resources Program  (ERP) untuk perusahaan dan kalangan bisnis. SAP sudah mulai implementasi di Indonesia pada tahun 90-an, oleh perusahaan besar seperti PT Krakatau Steel dan Astra grup. SAP ini adalah sistem dan software yang handal untuk mengelola resources dalam perusahaan, oleh karena itu tidak heran harganya juga mahal. Harga termasuk harga bulanan untuk per user yang bisa mencapai puluhan juta rupiah, semakin banyak user yang dibeli perusahaan semakin mahal harga yang dibayar.

ERP merupakan teknologi yang mengintegrasikan berbagai fungsi keuangan, logistik, penjualan, distribusi, produksi dan pengelolaan sumber daya manuasia ke dalam sistem tunggal. SAP merupakan salah satu sistem ERP yang ada dan telah digunakan secara global. Fungsi-fungsi keuangan dalam SAP berbentuk modul-modul, modul yang paling utama adalah Modul Finance (FI), Modul Controlling (CO), Modul Material Management (MM) dan Modul Quality Management (QM). Masih terdapat modul-modul lainya seperti Human Capital Management (HCM), Production Planning (PP), Plant Maintenance (PM), Project System (PS), Sales Distribution (SD) dan lain-lain. Semakin banyak modul yang diminta pembeli otomatis harganya akan lebih mahal. Pengembangan SAP juga akan lebih kompleks karena harus dikembangkan dengan integrasi dari banyak modul-modul tersebut.

Walaupun SAP merupakan software yang sudah Established, tapi dapat dikembangkan oleh Aplikator dan disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan perusahaan. SAP ini tidak seperti Aplikasi semacam Microsoft Word yang sudah jadi kemudian user tinggal install dan selesai. SAP merupakan software Entreprise yang custom bisa diubah sesuai keinginan dan kebutuhan user. Modifikasi ini menggunakan bahasa pemrogaman ABAP. SAP perlu maintenance kemudian perlu server agar bisa berjalan. Maintenance dan server ini juga harganya tidak murah.

sistem SAP ini sangat komplit sekaligus kompleks. Komplek karena integrasi antar modul harus sinkron. Jantung dari aplikasi SAP ini adalah master data, karena hampir semua transaksi menggunakan master data. Misalnya saya meminta bahan dari gudang, maka disana harus ada bahan baku aktif, pembantu dll; bahan tersebut dibuat master data. Pemasukan bahan-bahan tersebut harus memanggil master data. Bukankah master data hanya tinggal memasukkan? Gundulmu, tidak semudah itu karena master data ada ribuan, jangan terjadi double entry dimana satu bahan mempunyai 2 nama dalam SAP. Master data juga harus dipastikan bisa dipakai oleh user yang bersangkutan, kemudian dihitung biayanya (berkaitan dengan modul Finance) kalau sudah masuk produksi.

Tahapan-tahapan yang saya lakukan sebagai fungsional implementasi SAP modul PP adalah:

  1. Tahapan produksi/Operasion Phase t-code COHVPI
    misal pembuatan obat, ada tahap dari penimbangan, pencampuran dan cetak tablet. Didalam tahapan tersebut ada operasi-operasinya. Operasi pertama adalah meminta bahan ke gudang dengan T-code COHVPI kemudian memasukkan nomer order produksi, kemudian lakukan print material request sesuai formula.Setelah dilayani oleh orang gudang.
  2. Setelah semua operasi tahapan selesai dapat dilakukan pengiriman ke gudang melalui t-code MIGO.
  1. Link Download SAP

http://sap.softwaresea.com/Windows-software-download/sap-r-3

bbb

2. Menu SAP

cc

Daftar Pustaka

Abdillah, L. A. (2017). Business Modeling – Supply Chain Management. Retrieved from http://blog.binadarma.ac.id/mleonaa/teaching/business-modeling-supply-chain-management/

Firdaus, O. M., Hartati, V., Prambudia, Y., & Saptadi, S. (2015). Supply Chain Management.

Simchi-Levi, D., Simchi-Levi, E., & Kaminsky, P. (1999). Designing and managing the supply chain: Concepts, strategies, and cases: McGraw-Hill New York.

Sudianto, E., Abdillah, L. A., & Andryani, R. (2013, September). Analisis dan perancangan e-supply chain management pada distribusi karet olahan. Paper presented at the Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi V 2013 (Semnastik2013) Hotel Aryaduta, Palembang.

Achrista, Devia. (2013). Pengertian SAP r/3. Retrieved from

https://deviachrista.blogspot.co.id/2013/06/pengertian-lengkap-sap-sap-r3.html

Mubarok, M.Fithrul. (2016). SAP dalam perusahaan Farmasi. Retrieved from

http://farmasiindustri.com/industri/sap-dalam-perusahaan-farmasi.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: